Minggu, 27 Desember 2015

Tahapan-Tahapan Dalam Berdakwah.


Oleh Al Ustadz Muhammad Umar As Sewed Hafizhahullohu

Tipe atau jenis-jenis manusia yang didakwai ada 3 tipe. Yakni :

1. Hikmah ( bagi manusia yang suka akan kebenaran dan mudah dalam mengikuti kebenaran ).
2. Ancaman dan berita baik / targhib dan tarhib ( bagi manusia yang tahu kebenaran tapi dia tersibukan/tertutupi dg perkara yg jelek dikarenakan dosa-dosa ).
3. Bantahlah dengan yang lebih baik dengan hujjah dalil-dalil ( bagi manusia yang anti / benci terhadap kebenaran karena telah dikuasai syubhat dan hawa nafsu ).

Sehingga tidak ada satupun yang mengajarkan kita untuk mencaci maki, sehingga katakan sesuatu yang haq, jika menyampaikan alhaq dianggap cacian maka salah pada obyek dakwah, jangan membalas cercaan dengan cercaan...

Kita hanya menyampaikan hujjah-hujjah saja, jika dakwah kita diikuti alhamdulillah, jika ditolak tidak mengapa, kita sudah menyampaikan al-haq.
"Wama alaina illa balagh"

Jika kita melihat contoh ini,  Inilah dakwah salaf.... (Sesungguhnya dakwah ini bener-bener dibangun diatas bashiroh dan sangat indah sekali, tidak ada dakwah yang paling sempurna dan paling baik melainkan dakwah sunnah dakwah salaf). Dakwah yang penuh dengan kesitimewaan-keistimewaan dibandingkan dengan dakwah hizbiyah dn dakwah ahlul bid'ah.. (redaksi.)

Majmu'ah Salafy Lombok